Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 04 Agustus 2017 17:02 WIB

Kabinet Pakistan yang Baru Berisi 47 Menteri

Islamabad, HanTer - Perdana Menteri Paskistan yang baru diangkat Shahid Khaqan Abbasi, pada Jumat (4/8/2017) membentuk kabinet yang berisi para sekutu Nawaz Sharif, Perdana Menteri sebelumnya yang dilengserkan lantaran terjerat kasus korupsi.
 
Abbasi merupakan sekutu erat Nawaz, yang telah bersamanya selama sebagian besar karir politik. Kabinet itu dibentuk setelah beberapa diskusi antara mereka dan para sekutu Nawaz.
 
Ishaq Dar, seorang menteri keuangan yang kuat, kembali menduduki posisinya, meski penyelidikan terhadap dia atas dugaan kejahatan yang dilakukan diperintahkan oleh Mahkamah Agung. Sedangkan sekutu Sharif lainnya Khawaja Asif menjadi menteri luar negeri setelah secara simultan memimpin kementerian pertahanan dan kelistrikan.
 
Kabinet yang beranggota 47 orang, hampir dua kali dari jumlah kabinet sebelumnya itu diambil sumpah dalam sebuah upacara yang disiarkan televisi setelah pembacaan ayat suci Alquran. Pakistan merupakan negara dengan penduduk 190 juta jiwa dan mayoritas beragama Islam. "Ini kabinet besar. Ini menunjukkan bahwa segalanya dipersiapkan menghadapi pemilihan nanti," kata penulis dan pengamat Zahid Hussain. 
 
Akan tetapi tampaknya belum ada keputusan dibuat oleh partai yang berkuasa Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) mengenai apakah Abbasi akan bertahan sebagai perdana menteri atau mundur setelah kurun waktu singkat untuk memberi jalan bagi saudara laki-laki Sharif, Shahbaz.
 
Seperti diketahui, Nawaz Sharif dipaksa mundur pekan lalu setelah Mahkamah Agung mendiskualifikasi dia karena tidak menyatakan sumber pemasukan yang dia bantah telah menerimanya. Tetapi ia masih tetap mengendalikan PML-N dan mengajukan Abbasi sebagai perdana menteri sementara, hingga Shahbaz memenuhi syarat untuk mengambil alih lewat pemilihan sela parlemen.
 
Namun, sejak pemilihan Abbasi kepemimpinan partai itu tak lagi tampak yakin mengenai rencana tersebut, karena beberapa takut kepergian Shahbaz dari posisinya sebagai menteri besar di negara bagian Punjab dapat melemahkan cenkeraman partai itu dalam perolehan suara di basisnya.
 
Campuran partai politik di Pakistan berarti bahwa siapapun yang menang di Punjab, yang penduduknya lebih setengah populasi negara itu, kemungkinan membentuk pemerintahan mendatang.
 
Abbasi yang merupakan mantan menteri perminyakan dan pendiri maskapai bertarif murah itu telah berjanji akan memimpinn sebuah pemerintahan efisien tetapi telah mengindikasikan kepetusan-keputusan besar akan datang dari Nawaz.
 
Di dalam kabinet baru itu ada 28 menteri federal dan 19 menteri negara. Jumlahnya hampir dua kali kabinet Sharif yang beranggota 25 orang ketika meraih kemenangan dalam pemilihan tahun 2013 lalu. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats