Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 03 Agustus 2017 14:07 WIB

Pemimpin Tertinggi Iran Restui Rouhani Sebagai Presiden Kembali

Teheran, HanTer - Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Sayyid Ali Khamenei secara resmi telah mendukung Hassan Rouhani sebagai presiden Iran, membuka jalan baginya untuk kembali memangku jabatan kedua sebagai kepala pemerintahan Iran yang ke-12.
 
Dalam sebuah upacara Kamis (3/8/2017) di ibukota Iran, Teheran, Ayatollah Khamenei memberikan persetujuan resminya untuk Hassan Rouhani dengan memberinya sebuah keputusan untuk menetapkan tugas kepadanya.
 
Pada bulan Mei lalu, Rouhani memenangkan pemilihan ulang setelah mengamankan 57 suara dengan mengalahkan pesaing utamanya Ebrahim Raeisi.
 
Di bawah undang-undang pemilihan Iran, Presiden terpilih diminta untuk mendapatkan persetujuan resmi dari Pemimpin Revolusi sebelum dilantik di depan Parlemen (Majlis), proses ini disebut Tanfiz (validasi), di mana Pemimpin menegaskan hasil pemilihan presiden.
 
Selama upacara hari Kamis, Ayatollah Mohammad Mohammadi-Golpayegani, kepala kantor Ayatollah Khamenei, membacakan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Pemimpin kepada para peserta.
 
Upacara peresmian ini diharapkan bisa melihat jumlah pemilih yang tercatat, dengan delegasi dari lebih 100 negara ikut serta dalam acara tersebut. Dia kemudian akan memiliki waktu dua minggu untuk menyerahkan kabinetnya ke Parlemen.
 
Sementara itu Rouhani akan mengambil sumpah jabatan di Parlemen Iran (Majlis) pada hari Sabtu (5/8/2017).


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats