Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 02 Agustus 2017 17:16 WIB

AS: Tak Ada Niat Untuk Menggulingkan Kim Jong-Un

Jakarta, HanTer - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson menyatakan bahwa negaranya tak berniat menggulingkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, namun Korea Utara tetap harus menghentikan program peluru kendali nuklirnya.

Dalam briefing kepada wartawan dalam kerangka manuver diplomatik guna menekan Pyongyang, Tillerson mengungkapkan bahwa Washington siap berbicara dengan Korea Utara seandainya pemimpin negara itu menerima bahwa negaranya tidak boleh bersenjata nuklir.

"Kami kira adalah tidak produktif menggelar dialog ketika Korea Utara maju ke meja perundingan dengan anggapan mereka terus mempertahankan program nuklirnya," kata dia.

Tillerson menjamin rezim di negara terisolir itu bahwa mereka tidak perlu memiliki arsenal nuklir dalam mempertahankan diri dari kemungkinan serangan AS.

"Kami tidak melihat ada perubahan rezim. Kami tidak melihat ada rezim yang ambruk. Kami tidak mencari reunifikasi semenanjung yang dipercepat," janji dia seperti dikutip AFP. "Kami tidak melihat ada alasan untuk mengirimkan militer kami ke utara garis paralel 38. Dan kami berusaha menyampaikan hal itu kepada Korea Utara."

"Kami bukan musuh kalian. Kami bukan ancaman kalian, tetapi kalian sendirilah yang memperlihatkan ancaman yang tak bisa diterima kepada kami, dan kami harus menanggapinya," kata Tillerson.

Presiden AS Donald Trump mendesak China yang merupakan sekutu paling dekat Korea Utara untuk menekan Pyongyang karena dia menganggap China tidak banyak berbuat.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats