Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 25 Juli 2017 23:34 WIB

Korsel Sebut Korut Sedang Persiapkan Ujicoba Rudal Terbaru

Seoul, HanTer - Korea Utara tampaknya sedang bersiap untuk peluncuran rudal lain beberapa minggu setelah memicu kegemparan internasional dengan uji coba rudal balistik antarbenua pertama (ICBM).
 
Kantor berita Yonhap pada Selasa (25/7/2017) mengutip sebuah sumber pemerintah Korea Selatan yang mengatakan bahwa Korea Utara akan segera meluncurkan rudal baru.
 
Laporan di media Korea Selatan dan Amerika Serikat meramalkan bahwa tes tersebut bisa bertepatan dengan ulang tahun ke 64 dari akhir Perang Korea pada tanggal 27 Juli mendatang. Ini merupakan hari libur umum di negara bagian yang memiliki senjata nuklir dan dirayakan sebagai Hari Kemenangan.
 
"Gerakan oleh peluncur erektor pengangkut yang membawa tabung peluncur rudal antarbenua telah terus diamati di Pyongan Utara. Ada kemungkinan tinggi bahwa Korut dapat melakukan peluncuran uji coba sekitar hari gencatan senjata pada 27 Juli," kata sumber Korea Selatan tersebut.
 
Pejabat Amerika Serikat dan Korea Selatan telah memperingatkan jika rudal berikutnya bisa menjadi ICBM juga.
 
Sebelumnya pada hari Senin, CNN mengutip seorang pejabat militer Amerika Serikat yang mengatakan bahwa Pyongyang tampaknya sedang mempersiapkan uji coba rudal lainnya. Pejabat tersebut mengatakan bahwa kendaraan pengangkut barang yang membawa peralatan peluncuran terlihat tiba di Kusong di Pyongan Utara, Jumat lalu.
 
Pada tanggal 4 Juli yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, Pyongyang menguji-coba ICBM pertamanya, yang para ahli percaya dapat mencapai Alaska. Korea Utara mengatakan bahwa rudal tersebut bisa menyerang di manapun di dunia ini.
 
Pyongyang mengatakan program rudalnya bertindak sebagai penghalang terhadap agresi dan ekspansionisme Amerika Serikat.
 
Pekan lalu, Korea Utara menolak untuk menanggapi tawaran perundingan reunifikasi militer dan keluarga Korea Selatan. "Kami tetap melakukan pengawasan ketat di Korea Utara untuk kemungkinan tindakan provokatif," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan kepada AFP.
 
Yonhap juga mengutip sumber pemerintah Seoul yang berbeda mengatakan bahwa kapal selam Korea Utara seberat 1.800 ton di Laut Jepang (Laut Timur) mungkin mengumpulkan data untuk mempersiapkan peluncuran uji rudal balistik dari kapal selam terbesar di Korea Utara. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats