Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 18 Juli 2017 04:03 WIB

Turki Perpanjang Keadaan Darurat Hingga Tiga Bulan Kedepan

Ankara, HanTer - Turki pada hari Senin (17/7/2017) waktu setempat telah memperpanjang peraturan darurat untuk tiga bulan kedepan, hampir setahun diberlakukan setelah kudeta militer yang gagal pada Juli lalu.
 
Pemerintah meminta parlemen untuk memperpanjangnya untuk keempat kalinya dan usulan tersebut disetujui oleh majelis, di mana Partai AK Presiden Recep Tayyip Erdogan memiliki mayoritas yang nyaman.
 
Perpanjangan mengikuti upacara akhir pekan untuk menandai ulang tahun kudeta yang gagal di mana sekitar 250 orang, sebagian besar warga sipil tak bersenjata, terbunuh.
 
Sejak peraturan darurat diberlakukan pada 20 Juli tahun lalu, lebih dari 50.000 orang telah ditangkap dan 150.000 orang telah diskors dalam tindakan keras yang menurut penentang Erdogan telah mendorong Turki ke jalan menuju otoritarianisme yang lebih besar.
 
Pemerintah mengatakan pembersihan diperlukan untuk menghadapi tantangan keamanan yang dihadapi Turki dan untuk membasmi pendukung ulama Fethullah Gulen yang berbasis di AS yang dikatakan berada di balik usaha kudeta tersebut, namun Gulen membantah terlibat dalam kudeta gagal tersebut.
 
Berbicara di parlemen, Wakil Perdana Menteri Nurettin Canikli mengatakan bahwa peraturan darurat telah membantu menciptakan lingkungan hukum yang diperlukan untuk membersihkan negara bagian jaringan Gulen. "Semua orang di tingkat tinggi negara telah dipecat, tapi masih ada orang tersembunyi," kata Canikli.
 
Dalam serangkaian upacara publik untuk meratapi orang-orang yang terbunuh dalam usaha kudeta dan merayakan mereka yang menggagalkannya, Erdogan meningkatkan kecamannya terhadap Uni Eropa dan mengatakan bahwa dia akan mengembalikan hukuman mati jika parlemen menyetujuinya.
 
Hubungan dengan Barat tegang ketika pemerintah Eropa menyuarakan kekhawatiran pada skala tindakan keras tersebut.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats