Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 25 Juni 2017 23:30 WIB

Kebakaran Hutan di Spanyol Ungsikan 1500 Penduduk

Moquer, HanTer - Pemerintah Spanyol pada Minggu (25/6/2017) mengatakan bahwa pihaknya mengungsikan setidaknya 1.500 orang dari rumah, perkemahan dan hotel lantaran terjadinya Kebakaran hutan utama di Spanyol selatan.
 
Seperti kebanyakan kawasan Spanyol, daerah dekat Huelva berada dalam keadaan siaga penuh untuk kebakaran hutan karena terjadi gelombang panas. Pada pekan lalu, 64 orang tewas dalam kebakaran hutan di Portugal, negara tetangga Spanyol.
 
Api terlihat pada Sabtu malam di wilayah Moguer di dekat Huelva dan ditangani sebagai keadaan tingkat 1 -atau ancaman tertinggi- oleh layanan darurat.
 
Jose Fiscal, menteri lingkungan untuk pemerintah kawasan Andalusia, mengatakan pada Minggu bahwa kebakaran itu kemungkinan besar terjadi akibat pembakaran sengaja, kata surat kabar Spanyol "El Pas".
 
Layanan darurat bekerja untuk menahan api tapi kondisi berangin yang merugikan membuat pergerakan api sulit diprediksi terutama terkait waktu yang dibutuhkan untuk mengendalikan api.
 
"Kami mengharapkan perubahan angin yang bisa mempengaruhi api," kata Antonio Sanz, delegasi pemerintah di Andalusia, kepada wartawan.
 
Sampai pukul 11.00 pada Minggu, layanan darurat mengerahkan 11 pesawat, 10 helikopter dan puluhan kendaraan darat untuk menangani api dalam operasi gabungan militer-sipil.
 
Sekitar 750 orang ditampung sementara di gedung olah raga, menurut keterangan layanan darurat. Beberapa warga sudah diizinkan untuk kembali ke properti mereka.
 
Api dapar mengancam Taman Nasional Donaa, suaka margasatwa penting bagi banyak jenis terancam punah, termasuk lynx Iberia dan elang kerajaan Spanyol.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats