Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 11 Juni 2017 14:21 WIB

Tiga Prajurit AS Tewas Dalam Serangan di Afghanistan

Washington, HanTer - Departemen Pertahanan AS pada Sabtu (10/6) mengkonfirmasi tiga prajurit AS tewas dan seorang lagi cedera di Afghanistan Timur.

Pentagon mengumumkan jumlah korban jiwa tersebut dalam pernyataan singkat yang tidak merinci peristiwa itu.

"Peristiwa tersebut sedang diselidiki," kata pernyataan itu, sebagaimana dikutip Xinhua. Ditambahkannya, keterangan lebih lanjut akan disiarkan kemudian.

Namun, menurut beberapa sumber lokal, peristiwa itu adalah serangan oleh orang dalam yang ditujukan kepada tentara AS oleh seorang prajurit Afghanistan.

"Peristiwa tersebut terjadi di distrik Achin dan personel komando militer Afghanistan yang terlibat dalam penembakan itu juga ditembak hingga tewas setelah menyerang tentara AS," kata Ataullah Khogyani, Juru Bicara Gubernur Provinsi, kepada Xinhua.

Serangan oleh orang dalam, yang juga dikenal dengan nama serangan "hijau-terhadap-biru" --yaitu seorang prajurit atau polisi Pemerintah Afghanistan menembak pasukan koalisi pimpinan NATO, adalah salah satu masalah besar yang dihadapi pasukan koalisi di Afghanistan.

Tiga tentara AS cedera setelah ditembak oleh seorang prajurit Afghanistan di satu pangkalan di Provinsi Helmand pada 19 Maret.

Serangan paling akhir oleh orang dalam juga terjadi saat Presiden AS Donald Trump dilaporkan sedang mempertimbangkan penambahan jumlah tentara AS buat Afghanistan.

Saat ini, ada sebanyak 8.400 prajurit AS dan sebanyak 5.000 lagi tentara NATO di Afghanistan untuk melatih dan membantu pasukan Afghanistan memerangi petempur Taliban serta melakukan misi kontra-terorisme.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats