Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 30 Maret 2017 06:05 WIB

Militer Suriah Rebu Kubu Uama ISIS di Pinggiran Aleppo

Damaskus, HanTer - Kantor berita resmi Suriah, SANA melaporkan jika militer Suriah pada Rabu (29/3/2017) lalu sukses merebut Kota Kecil Deir Hafer, yang merupakan kubu utama ISIS terletak di pinggir timur Provinsi Aleppo, Suriah Utara.
 
Deir Hafer direbut setelah selama satu pekan militer Suriah mengepung kota kecil tersebut sebagai bagian dari operasi besar militer terhadap posisi IS di pinggir timur Aleppo.
 
SANA pun menyatakan militer Suriah menyebar ke 27 kota kecil dan desa di seluruh Deir Hafer dan mengamankan 24 kilometer jalan raya yang menghubungkan Aleppo dengan Provinsi Raqqa, Ibu Kota de Fakto ISIS. Saat ini, Militer Suriah bergerak untuk merebut Kota Kecil Maskaneh, kota kecil terakhir yang dikuasai IS di pinggir timur Aleppo.
 
Direbutnya Deir Hafer dan gerakan ke arah Maskaneh akan membuat militer Suriah berada di jalan menuju Raqqa, tempat pasukan AS dan petempur sekutu pimpinan Suku Kurdi --Pasukan Demokratis Suriah (SDF)-- berperang melawan petempur IS di pinggir provinsi tersebut. Sementara itu beredar laporan bahwa serangan militer besar oleh AS dan SDF terhadap Kota Raqqa akan dilancarkan pada awal April.
 
Juru Bicara SDF Talal Silo belum lama ini mengatakan SDF tak memiliki harapan untuk bekerjasama dengan militer Suriah dalam perang di Raqqa. Tapi prospek kerjasama semacam itu masih suram sebab Pemerintah Suriah memandang campur-tangan militer AS sebagai tindakan tidak sah dan menganggapnya sebagai agresi sementara Washington ikut campur tanpa koordinasi dengan Pemerintah Presiden Bashar al-Assad.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats