Di Publish Pada Tanggal : Senin, 19 Desember 2016 13:08 WIB

PBB Sepakati Rancangan Resolusi Mengenai Evakuasi Aleppo

Beirut, Amman, HanTer - Dewan Keamanan PBB Minggu waktu setempat menyepakati sebuah rancangan resolusi hasil kompromi mengenai pengawasan PBB atas proses evakuasi dari Aleppo, Suriah.

Pemungutan suara untuk draft resolusi ini akan digelar Senin malam WIB nanti.

Rusia sudah menyatakan akan memveto rancangan resolusi susunan Prancis itu namun mengajukan sebuah versi alternatif.

"Kami perkirakan pemungutan suara yang bulat untuk teks ini besok (Senin) pukul 9 pagi (Senin 21.00 WIB)," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Samantha Power kepada wartawan setelah sekitar tiga jam negosiasi.

Duta Besar Rusia Vitaly Churkin berkata, "Saya katakan kami memiliki teks yang baik, kami sepakat memberikan suara besok pagi."

Rusia yang menyediakan dukungan militer untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad telah memveto enam resolusi Dewan Keamanan mengenai Suriah sejak konflik itu pecah pada 2011. China menemani Rusia dengan memveto lima resolusi.

Penindasan oleh Assad terhadap demonstran prodemokrasi pada 2011 telah mengantarkan kepada perang saudara di Suriah. ISIS memanfaatkan situasi chaos itu untuk menguasai bagian wilayah Suriah dan Irak.  Separuh dari total 22 juta rakyat Suriah terpaksa lari dari negerinya, sedangkan 400.000 lainnya terbunuh, demikian Reuters.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats