Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 11 Agustus 2016 14:35 WIB

Libya Klaim Berhasil Rebut Markas ISIS di Sirte

Tripoli, HanTer - Pasukan propemerintah Libya menyatakan mereka telah merebut markas ISIS di Sirte pada Rabu (10/8), saat mereka mendesak ekstremis keluar dari kota pesisir itu.

"Pusat Ouagadougou sudah berada di tangan kami," kata pusat operasi pasukan yang setia pada Pemerintah Kesepakatan Nasional (Government of National Accord/GNA) Libya.

Juru bicara pasukan GNA Reda Issa mengatakan petempur ISIS masih ada di tiga wilayah permukiman di Sirte dan satu kompleks vila di dekat pantai.

"Pengumuman pembebasan (Sirte) baru akan disampaikan setelah seluruh kota tersebut dibebaskan," katanya kepada kantor berita AFP.

Merebut pusat Ouagadougou menjadi tujuan utama pasukan pro-GNA yang bertempur berminggu-minggu untuk mengusir ISIS dari Sirte, yang direbut kelompok ekstremis itu Juni tahun lalu di tengah kekacauan menyusul penggulingan Moamer Kadhafi pada 2011.

Perebutan Sirte menimbulkan kekhawatiran Barat, yang khawatir ekstremis memegang posisi penting tepat di seberang Mediterania dari Eropa.

Pasukan loyalis meningkatkan perlawanan mereka untuk merebut kembali Sirte dalam beberapa hari terakhir, dan Pentagon mengumumkan pekan lalu bahwa mereka mulai melancarkan serangan udara terhadap posisi ISIS di Sirte atas permintaan GNA.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats