Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 25 Maret 2016 13:45 WIB

Paus Cium dan Basuk Kaki Muslim Dalam Ritual Paskah

Italia, HanTer - Paus Fransiskus membasuh dan mencium kaki migram Muslim, Kristen dan Hindu pada perayaan Jumat Agung dan menyatakan mereka sama sebagai anak Tuhan.

Prosesi ritual ini sebenarnya melambangkan pelayanan seorang pemimpin kepada anggota atau warganya.

Beberapa migran tidak kuasa menahan air mata saat Paus Fransiskus berlutut di hadapan mereka, menuang air suci, mengelap lalu mencium kaki mereka.

Sebelumnya, aturan Vatikan adalah hanya boleh membasuh kaki partisipan laki-laki dalam ritual pembasuhan kaki tersebut. Namun Paus Fransiskus memang banyak mengejutkan Gereja Katolik dengan perubahan yang dibawanya.

Dalam prosesi itu, Paus mengecam penjual senjata yang menjadi salah satu penyebab penyerangan bom Belgia, yang dilakukan oleh kelompok teroris ISIS yang membuat 34 nyawa melayang.

"Tiga hari lalu, sebuah perang berlangsung, sebuah kehancuran terjadi di sebuah kota di Eropa yang dilakukan oleh orang-orang yang tak menginginkan hidup damai," kata Paus seperti dikuti Reuters.

"Di balik perilaku mereka itu ada tangan pembuat senjata, tangan para penyelundup yang menginginkan darah bukan perdamaian, yang menginginkan perang, bukan persaudaraan," kata Paus yang memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio.

"Mereka adalah makhluk menyedihkan yang membeli senjata hanya untuk menghancurkan persaudaraan," kata Paus yang membandingkan para pelaku dengan Yudas Iskariot, salah satu murid Yesus yang mengkhianatinya demi 30 keping perak.


(***)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats