Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 04 Februari 2016 14:17 WIB

Terdesak, Petinggi ISIS Ngungsi ke Libya

Jakarta, HanTer-Beberapa komandan senior ISIS telah pindah dari Irak dan Suriah ke Libya. Mereka terdesak akibat serangan udara yang dilancarkan di kedua wilayah tersebut.

Pejabat intelijen Libya, seperti dikutip BBC, Kamis (4/2/2016), menyatakan sejumlah petinggi ISIS itu kini berada di kota Sirte. Dimana kota itu telah dikuasai ISIS sejak tahun lalu.

Sirte adalah kampung halaman mantan pemimpin Libya, Muammar Gaddafi. Bahkan, sejumlah pihak menyebut ISIS telah mendapat dukungan dari loyalis Gaddafi.

Namun, kepala intelijen kota Misrata, Ismail Shukri, mengatakan, bahwa anggota ISIS yang paling banyak tiba di Libya beberapa bulan terakhir adalah orang asing.

"Jumlah orang asing ini mencapai 70 persen. Sebagian besar dari mereka berasal dari Tunisia, Mesir, Sudan dan Aljazair," ujar Shukri.

"Sementara mereka yang berasal dari Irak adalah para mantan tentara Saddam Hussein," sambungnya.

Dia juga menuturkan komandan ISIS mengungsi di Libya, karena terdesak oleh serangan udara di Irak dan Suriah. "Mereka melihat Libya sebagai tempat berlindung yang aman," ungkap Shukri.


(adt)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats