Di Publish Pada Tanggal : Senin, 26 Oktober 2015 13:16 WIB

Menang Pemilu, Pelawak Ini Jadi Presiden Sungguhan

Jakarta, HanTer-Mantan pelawak televisi Jimmy Morales yang belum memiliki pengalaman dalam memerintah berhasil berhasil meraup suara terbanyak pada pemilihan Presiden Guatemala, Minggu (26/10/2015). Kemenangan Morales tak terlepas dari skandal korupsi yang menerpa presiden terdahulu.

Morales mengalahkan lawan politiknya Sandra Torres, yang juga mantan Ibu Negara Guatemala dari mantan Presiden Alvaro Colom Caballeros periode 2008-2011 lalu. Dengan 92 persen surat suara yang telah dihitung, Morales meraup 70 persen suara melawan 30 persen suara yang didapat Torres.

Markas Partai Front Konvergensi Nasional (FCN) yang menaungi Morales menggelar perayaan besar setelah mengetahui perolehan telak Morales itu. "Sebagai presiden, saya menerima mandat dan mandat rakyat Guatemala ialah berjuang melawan korupsi yang menggerogoti kita," tegas Morales dalam pernyataannya usai dinyatakan memenangi pemilu pada Minggu (25/10).

Nama Morales tidak asing bagi publik Guatemala karena selama 14 tahun dia menjadi aktor komedi terkenal di televisi setempat. Pria yang dikenal rendah hati ini menjanjikan para pendukungnya bahwa dia akan serius memberantas korupsi dan memberikan jutaan telepon genggam kepada anak-anak.

Morales yang ramah dan kerap melontarkan candaan menjadi salah satu aktivis penentang presiden terdahulu Otto Perez. Unjuk rasa besar-besaran berhasil menggulingkan Perez bulan lalu.

"Kami lelah dengan wajah yang sama. Jimmy Morales tidak meyakinkan saya. Saya bahkan hampir tidak mau memilih. Namun ia menjadi satu-satunya pilihan," ujar Ana Fuentes (36 tahun) seorang warga.


(Ind)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats