Di Publish Pada Tanggal : Senin, 01 Juni 2015 16:47 WIB

Malaysia Airlines Bangkrut

Jakarta, HanTer-Maskapai penerbangan nasional Malaysia, Malaysia Airlines mengirimkan surat pemberhentian kerja kepada seluruh karyawannya yang berjumlah 20 ribu orang mulai Senin (1/6/2015).

Sebanyak 6.000 di antaranya akan di-PHK, sementara 14 ribu lainnya akan ditawarkan pekerjaan baru di maskapai baru. CEO baru Malaysia Airlines Christoph Mueller mengaku maskapainya itu sudah bangkrut.

"Secara teknis, kami sudah bangkrut, dan penurunan performa kami sudah mulai terjadi jauh sebelum beberapa tragedi (kecelakaan) pada 2014," tutur pria asal Jerman itu pada sejumlah awak media, seperti dikutip AFP, Senin (1/6/2015).

Di bawah kepemimpinan Mueller, 52, Malaysia Airlines berencana `membangun ulang` citra diri mulai 1 September mendatang. Mueller berusaha menghapus stigma buruk sebagian masyarakat dunia terhadap Malaysia Airlines.

Pada Maret tahun lalu, penerbangan MH370 dengan 239 penumpang dan kru menghilang di Samudera Hindia. Empat bulan setelahnya, penerbangan MH17 meledak di udara, yang diduga kuat diakibatkan tembakan misil separatis di Ukraina. Semua penumpang serta kru yang berjumlah 298 meninggal dunia.

Dua tragedi itu memukul telak Malaysia Airlines, yang disebut sejumlah analis telah ditangani secara buruk dalam beberapa tahun terakhir.

Mueller berencana menghentikan `pendarahan` Malaysia Airlines pada 2015, menstabilkan bisnisnya pada tahun depan, dan ingin berkembang kembali di tahun 2017.


(Ind)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats