Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 27 Februari 2015 20:15 WIB

Blogger Ateis AS Tewas Dibacok

Dhaka, HanTer-Blogger ateis asal Amerika Serikat, Avijit Roy, tewas dibacok di ibu kota Dhaka, Bangladesh. Dia dikenal dengan tulisan-tulisannya soal sekulerisme dan anti keyakinan beragama.

Atas tulisan-tulisannya itu, Roy kerap mendapatkan ancaman pembunuhan dari kelompok Islam radikal di negara tersebut. Menurut polisi, Avjit Roy dan isterinya, Rafida Ahmet, diserang pada Kamis (26/2/2015) malam waktu setempat, setelah kembali dari pameran buku di Universitas Dhaka.

Harian Bangladesh Daily Star, seperti dilaporkan VOA, Jumat (27/2/2015), melaporkan ada saksi-saksi penyerangan itu, tetapi tidak ada yang datang untuk menolong suami isteri tersebut atau menangkap penyerang. Roy tewas seketika, sedangkan istrinya mengalami luka parah.

Namun hingga kini, belum ada pengakuan tanggung jawab atas serangan itu. Adik Roy mengatakan kakaknya, yang lahir di Bangladesh, pulang ke Bangladesh pada bulan ini, dan akan berangkat kembali ke Amerika pada bulan depan.

Sebelumnya, blogger ateis lainnya yang jadi korban pembunuhan di Bangladesh adalah Ahmed Rajib Haider, yang tewas tahun 2013. Pelakunya adalah anggota kelompok sebuah organisasi militan Islam kecil di negara tersebut.

Setelah kematian Haider, beberapa organisasi Islam menggelar protes terhadap blogger lainnya. Peristiwa ini berujung pada penangkapan beberapa blogger ateis di Bangladesh.
 


(adiantoro)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats