Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 14 Januari 2015 18:45 WIB

Komentar Bela Penyerang Charlie Hebdo, Pelawak Ternama Prancis Ditahan

Paris, HanTer-Pelawak ternama Prancis Dieudonne ditahan pihak kepolisian, pada Rabu (14/1/2015). Dia dinilai membela terorisme melalui tulisannya di akun Facebook pribadinya.

Sumber di pengadilan mengatakan bahwa Dieudonne ditahan karena dalam tulisan ia bersimpati pada salah satu penyerangan bersenjata terhadap majalah satir Charlie Hebdo.

Perkara ini sendiri dibuka oleh jaksa, pada Senin (12/1/2015), setelah ia menuliskan "Malam ini, sejauh pandangan saya, saya merasa seperti Charlie Coulibaly" dengan mencampurkan slogan yang populer di Prancis "Je Suis Charlie", yang digunakan sebagai penghormatan kepada wartawan yang tewas di kantor majalah Charlie Hebdo, dengan nama penyerang, Amedy Coulibaly.

Coulibaly sendiri adalah pelaku penyanderaan supermarket Yahudi, dan telah membunuh empat warga Yahudi, pada Jumat (9/1/2015), sebelum akhirnya dia tewas.

Sebelumnya, komedian Dieudonne pada 2013, menjadi berita utama media internasional saat pesepak bola Prancis Nicolas Anelka dilarang mengikuti lima pertandingan oleh otoritas sepak bola Inggris karena menunjukkan gerakan tangan yang diciptakan Dieudonne, yang oleh banyak orang diartikan sebagai anti-Semit.

Dieudonne menuliskan status kontroversialnya di Facebook setelah menghadiri aksi menentang ekstremisme pada Minggu (11/1/2015), yang diikuti oleh lebih dari 1,5 juta orang di jalanan di Paris, untuk mengenang peristiwa serangan itu.

Ia menggambarkan aksi terbesar dalam sejarah Prancis modern itu sebagai "momen magis yang sebanding dengan ledakan dahsyat".

Sementara, menanggapi komentar menteri dalam negeri, komedian tersebut mengatakan bahwa pemerintah berusaha "menghancurkan hidup saya" saat "Saya hanya ingin membuat orang tertawa".

Dieudonne pun dikabarkan telah menghapus komentarnya tersebut dari Facebook milik pribadinya tersebut.


(Adiantoro)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats