Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 04 September 2018 13:45 WIB

Menpar Kenalkan Sustainable Tourism dan GenPI di UBM

Jakarta, HanTer - Kementerian Pariwisata gencar melakukan sosialisasi Sustainable Tourism. Kali ini yang disasar adalah kalangan Mahasiswa dan Dosen. Pemaparan mengenai sustainable tourism akan disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menjadi keynote speaker di Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol, Rabu (5/9) dalam rangka kegiatan "National Conference of Creative Industry : A Future Look" dengan mengangkat tema Sustainable Tourism for Economic Development"
 
Keynote Presentation Menteri Pariwisata akan memberikan gambaran memgenai peran pariwisata. Khususnya pariwisata berkelanjutan. Terutama dalam membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. 
 
“Pariwisata berkelanjutan dapat diartikan sebagai kegiatan pariwisata yang memperhatikan prinsip 3P (People, Planet, Prosperity)," kata Menpar Arief Yahya, Selasa (4/9).
 
People, jelas Menpar Arief Yahya, adalah kewajiban untuk memperhatikan keinginan wisatawan dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam bermacam kegiatan komunitas lokal. Sementara Planet, adalah kewajiban untuk menjaga lingkungan.
 
"Dan Prosperity adalah kewajiban memperhatikan nilai-nilai ekonomis sebuah tempat wisata dan dampaknya terhadap penduduk lokal," terang Menpar Arief Yahya.
 
Pria asal Banyuwangi ini juga sangat concern terhadap sustainable tourism. Tidak hanya untuk kelestarian ekosistem, tapi juga untuk meningkatkan daya saing pariwisata.
 
“Nature maupun culture harus lestari dan berkelanjutan agar dapat menjadi sumber devisa yang tak berhenti. Program pariwisata berkelanjutan juga terbukti meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia,” katanya.
 
Berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), World Economic Forum (WEF), pada 2017 daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 42 dari sebelumnya urutan 50 pada 2015.
 
Seminar nanti Akan dibagi menjadi 2 sesi. Yaitu “Sustainable Tourism for Economic Development” dan ”Creative Industry: A Future Outlook”. Pada topik Sustainable Tourism, selain diisi keynote presentation oleh Menpar Arief Yahya, juga akan ada talkshow oleh Prof. Azril Azahari, Ph.D(Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia) dengan moderator Kandi Sofia Senastri Dahlan.
 
Tujuan utama kegiatan “National Conference of Creative Industry” adalah untuk memberikan sumbangsih bagi pengembangan ekonomi secara berkelanjutan, khususnya di sektor pariwisata. Seminar Nasional memiliki fokus pembahasan pada “Sustainable Tourism for Economic Development”
 
Rencananya, Kementerian Pariwisata akan mengaktivasi Generasi Pesona Indonesia (GenPI) di Kampus UBM. Para mahasiswa dan dosenc akan diperkenalkan sebuah wadah kreativitas dalam mempromosikan pariwisata yaitu GenPI.
 
"GenPI adalah komunitas netizen (termasuk blogger) yang suka Pariwisata. Buat mahasiswa dan dosen yang suka piknik, suka kulineran, suka foto atau jalan-jalan ke destinasi wisata cocok banget gabung GenPI," katanya.
 
Menpar Arief Yahya menambahkan, gabung di GenPI itu asyik dan seru. Para peserta yang bergabung bakal punya temen banyak se-Indonesia yang sehobi. selain itu akan selalu mendapatkan informasi ter-update tentang pariwisata. Misalkan destinasi baru, kebijakan pemerintah dan event pariwisata Indonesia yang keren-keren. 
 
"Yang bergabung juga bakal punya banyak kesempatan mengikuti berbagai macam program yang diadakan Kementerian Pariwisata," pungkas Menpar Arief.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats