Di Publish Pada Tanggal : Senin, 03 September 2018 12:06 WIB

PKPU HI Serahkan 137 Unit Rumah Senyum Untuk Korban Gempa

Jakarta, HanTer - PKPU Human Initiative (HI) menyerahkan 115 Rumah Senyum sebagai bagian hunian sementara dari 500 unit yang rencananya akan dibangun, di kecamatan Sembalun, Lombok Timur,  Nusa Tenggara Barat (NTB). 
 
 
Presiden Direktur PKPU HI Agung Notowiguno mengatakan rumah senyum itu nantinya akan disebar di empat  desa. Keempat desa itu meliputi Desa Sembalun Timba Gading, Desa Sembalun, Desa Sembalun Lawang,  serta Desa Sembalun Bumbung,  sebagai tahap awal dari beberapa desa di Kecamatan Sembalun.
 
Sementara, desa Sajang, dan desa lainnya masih dalam proses pembangunan akan menyusul melengkapi rumah tahap pertama. 
 
"Penyerahan ini dilakukan hanya untuk memastikan kepemilikan dan penggunaan secara penuh oleh para pengungsi," kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/9/2018).
 
Menurut Agung, ketika musim hujan datang, keberadaan Rumah Senyum sangat memberi manfaat perlindungan bagi pengungsi. Selain di kecamatan Sembalun shelter ini (Rumah Senyum) juga dibangun di kecamatan Tanjung sebanyak 22 unit,  yang tersebar di Desa Sigar Penjalin dan Karang Nangka dari 500 unit  yang direncanakan.
 
Proses pembangunan masih terus berjalan ditargetkan awal oktober sebanyak 1000 unit sudah dapat dihuni oleh para pengungsi. Seperti diketahui dampak gempa bumi 7 SR yang terjadi berulang-ulang sejak akhir Juli lalu,  mengakibatkan lebih dari 70 ribu rumah rusak,  yang membuat 350 ribu jiwa terdampak dan sebagian besar  mengungsi. 
 
Kebutuhan perlindungan sangat mendesak,  karena tidak adanya shelter dan hunian sementara.  Akibatnya,  pengungsi sangat rentan dan beresiko tinggi terhadap kesehatan fisik dan trauma.


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats