Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 11 Agustus 2018 18:43 WIB

Jumlah Hewan Kurban di Madiun Diprediksi Naik

Madiun, HanTer - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Jawa Timur memprediksi jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1439 Hijriah atau tahun 2018 ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
"Untuk jumlah hewan kurban tahun ini diperkirakan naik dari tahun 2017. Hal itu disebabkan karena kesejahteraan warga Kabupaten Madiun juga meningkat," ujar Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Estu Dwi Waluyani, kepada wartawan di Madiun, Sabtu (11/8/2018).
 
Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, total hewan yang dikurbankan pada Idul Adha tahun 2017 mencapai 13.044 ekor. Jumlah hewan tersebut terdiri dari 1.148 ekor sapi, 11.726 ekor kambing, dan 170 ekor domba.
 
Sedangkan pada tahun 2018, jumlah total hewan kurban diperkirakan mencapai 16.700 ekor. Terdiri dari 1.300 ekor sapi, 15.000 ekor kambing, dan 400 ekor domba. "Semua hewan kurban tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Madiun sendiri. Kami tidak perlu mendatangkan dari luar daerah, karena jumlah populasinya sangat cukup," kata dia.
 
Data Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun mencatat populasi sapi potong saat ini mencapai 60.881 ekor, kambing 76.445 ekor, dan domba 22.667 ekor.
 
Estu menyebutkan, hewan-hewan kurban itu sebelum disembelih diperiksa dulu kesehatannya. Pihaknya telah menyiapkan tim untuk memantau kesehatan hewan kurban. Tim tersebut dalam waktu dekat ini akan berkeliling ke pos-pos peternakan yang menyiapkan hewan kurban. "Sesuai rencana, Minggu depan ini akan dilakukan kegiatan pemeriksaan hewan kurban di tempat peternakan dan penampungan hewan kurban yang ada," katanya.
 
Ia menambahkan, pemeriksaan tersebut penting dilakukan agar hewan kurban yang akan disembelih memenuhi unsur "ASUH". Yakni, Aman, Sehat, Utuh, dan Halal.
 
Untuk pemeriksaan, pihaknya akan melibatkan sejumlah mantri kesehatan hewan dan penyuluh lapangan di dinasnya yang cukup berpengalaman.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats