Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 05 Agustus 2018 23:47 WIB

BNPB: Sudah 21 Kali Gempa Susulan

Jakarta, HanTEr - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa 7 Skala Richter(SR) di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) berdampak hingga ke Bali.

"Korban jiwa masih dalam pendataan. Kerugian materiil terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB serta Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Bali," kata Sutopo di Jakarta, Minggu (5/8/2018).

Sutopo mengatakan satu rumah di Kabupaten Sumbawa Barat dilaporkan rusak berat, sedangkan di Kabupaten Badung satu rumah rusak sedang.

Di Kota Denpasar, gedung sebuah pusat perbelanjaan dilaporkan mengalami kerusakan. Tiga lokasi juga dilaporkan mengalami rusak rumah, tetapi masih dalam pendataan.

"Saat ini gempa susulan masih berlangsung. Sudah 21 kali gempa susulan dengan intensitas lebih kecil," ujarnya.

Gempa berkekuatan 7 SR yang terjadi pada kedalaman 15 kilometer dengan pusat gempa di darat 18 kilometer Barat Laut Lombok Timur atau 22 kilometer Timur Laut Lombok Utara pada Minggu pukul 18.46 WIB berpotensi tsunami.

Namun, peringatan dini tsunami telah berakhir. Sutopo mengatakan memang terjadi tsunami di pantai, tetapi hanya setinggi sembilan centimeter hingga 13 centimeter.

"Tsunami tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan," kata Sutopo.

 


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats