Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 25 Juli 2018 19:52 WIB

Palembang Siapkan Guyub Festival untuk Sambut Api Asian Games

Jakarta, HanTer - Persiapan matang terus dilakukan Palembang, Sumatera Selatan, yang akan kedatangan api Asian Games 2018, pada 4 Agustus mendatang. Berbagai gelaran seni budaya sudah disiapkan. Termasuk Guyub Festival. 
 
Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, Guyub Festival ini menjadi atraksi pembuka dalam rangkaian Asian Games 2018.
 
"Hadirnya Palembang yang menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018, bukan saja hanya mewakili Sumatera Selatan (Sumsel). Tetapi juga representatif Indonesia. Untuk itu penyambutan api Asian Games di Palembang akan dikemas semaksimal mungkin. Sehingga menjadi cerminan semangat Indonesia," ujar Pitana, Rabu (25/7/2018).
 
Semangat besar dari Palembang dalam menyambut gema Asian Games terlihat dari rangkaian yang akan disuguhkan. Ada rangkaian karnaval yang mewakili tiap suku dan etnis yang ada di Indonesia.
 
Semua akan dikonsep matang dengan desain baju, koreo tari, musik dan kelengkapan lainnya. Sajiannya sudah pasti kolosal dan megah. Namun dengan nuansa kekayaan budaya Nusantara. Jalur Kirab Obor Asian Games di Palembang akan dijadikan panggung pertunjukan nan megah.
 
"Semangat besar akan semakin terlihat dari jumlah peserta yang akan berpartisipasi. Guyub Festival ini nantinya akan diikuti oleh peserta dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel. Selain itu juga ada 80 komunitas yang tergabung dalam Forum Pesona Sriwijaya. Dan juga paguyuban warga dari berbagai daerah yang ada di Sumsel," ungkap Pitana.
 
Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Iyung Masruroh mengatakan, Guyub Festival merupakan atraksi wisata untuk mempromosikan kekayaan budaya Nusantara. "Ini momentum kita mengangkat kekayaan budaya Nusantara. Sehingga menjadi sebuah sajian promosi pariwisata. Dampaknya tentu semakin signifikan karena digelar di kota tempat Asian Games digelar," ujarnya.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sependapat. Menurut Menpar kehadiran torch relay merupakan momentum tepat mempromosikan kekayaan budaya Nusantara. "Torch relay mempunyai fungsi strategis. Agenda ini sama baiknya dengan perhelatan Asian Games itu sendiri. Sebuah momen untuk mempromosikan pariwisata Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.
 
Sebab itu, Menteri asal Banyuwangi ini juga mengimbau kepada daerah-daerah yang dilalui arakan obor agar menyiapkan atraksi budaya untuk menyemarakannya. Dia berharap tiap daerah juga bisa memanfaatkan momen Asian Games untuk mempromosikan potensi pariwisatanya.
 
"Kegiatan itu berdampak positif bagi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara dan meningkatkan perekonomian rakyat. Pawai obor yang melintasi seluruh pulau di Nusantara sekaligus juga mensosialisasikan budaya dan pariwisata Indonesia sehingga masyarakat dunia akan tahu lebih jauh tentang negeri kita," pungkas Menpar Arief Yahya.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats