Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 12 Mei 2018 20:13 WIB

Warga Karawang Curhat Soal Pengangguran ke Ridwan Kamil

Karawang, HanTer  -- Masalah pengangguran masih menjadi topik paling mengemuka di setiap blusukan kandidat Gubernur no.urut 1, Ridwan Kamil. Warga Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe juga curhat soal pengangguran saat ditemui Ridwan Kamil, Sabtu (12/5/2018).
 
"Pembangunan  tumbuh pesat, tapi warganya hanya jadi penonton. Kami ingin Ridwan Kamil membawa kami dalam gerbong pembangunan," kata Wawan Karyawan, warga setempat kepada Kang Emil, sapaan akrab Wali Kota Bandung ini.
 
Kang Emil mengakui masalah pengangguran menjadi topik hampir di setiap kota dan kabupaten. Di Karawang,  banyak warga  yang curhat terkait masalah pengangguran.  Mereka merasa hanya jadi penonton di Karawang, sementara industri hadir di mana - mana. 
 
"Salah satu solusi yang sudah saya komunikasikan dengan pemilik - pemilik industri adalah mereka sepakat dengan konsep pasangan Rindu (Ridwan Kamil - Uu), yaitu menyediakan sekolah di dalam industri atau di dalam pabrik," kata dia. 
 
Kang Emil menjelaskan,  warga yang menganggur dan skill-nya  kurang dikursuskan atau disekolahkan. Setelah lulus dari pabrik itu, dia bisa bekerja di pabrik tersebut karena skillnya sudah terlatih. Ini juga memastikan bahwa warga lokal mampu bersaing dengan warga pendatang.  
 
"Inilah upaya saya sebagai calon gubernur memastikan dan ini sangat mudah untuk dieksekusi. Insya Allah, kalau takdirnya datang saya menjadi Gubernur, maka saya akan buat aturannya melalui peraturan gubernur," kata Peraih pemimpin terbaik versi Majalah Fortune ini. 
 
Kang Emil melanjutkan, untuk warga yang ingin bekerja di rumah, ada program satu desa satu perusahaan.  Ini jadi program unggulan pengentasan pengangguran dan kemiskinan pasangan Rindu (Ridwan Kamil -Uu). 
 
'Jadi warga buka pintu bekerja saja di rumahnya tanpa perlu pergi ke luar desanya atau ke kota, tapi di order membuat produk - produk yang nanti dibeli oleh perusahaan yang dibikin," ucap ayah dua anak ini. 
 
Program lainnya, yakni  kredit Mesra (Masjid Sejahtera). Melalui kreeit tersebut, warga bisa mengakses modal untuk  usaha warung.  Tidak perlu ke bank atau rentenir, cukup datang ke masjid ada pertolongan program dari gubernur. 
 
"Inilah program  spesifik yang diminati oleh warga Karawang, mudah - mudahan bisa menguatkan kemenangan pasangan Rindu," ujarnya. 


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats