Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 10 Mei 2018 22:23 WIB

Jaksa Tuntut Pemilik Narkoba 5 Tahun Bui


Denpasar, HanTer - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Denpasar, Bali, menuntut terdakwa Okky Christianto (35) yang kedapatan memiliki dua paket sabu-sabu, selama lima tahun penjara dan denda Rp800 juta subsider enam bulan kurungan.

"Terdakwa tanpa hak dan melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman sebanyak dua paket dengan berat 0,58 gram," ujar Jaksa Penuntut Umum Cok Intan Merlani Dewie yang diwakili Ika Lusiana, di PN Denpasar dikutip Antara, kemarin.

Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Partha Bhargawa itu, jaksa menilai perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 112 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Hal yang memberatkan tuntutan terdakwa, karena tidak mendukung upaya pemerintah yang gencar-gencarnya memberantas segala jenis peredaran narkotika.

Yang meringankan hukuman terdakwa karena mengakui perbuatannya bersalah dan berterus terang serta menyesali perbuatnnya.

Sebelum ditangkap, pada 4 Januari 2018, Pukul 21.00 Wita terdakwa menghubungi seseorang bernama Komang untuk membeli sabu-sabu dengan harga Rp1,2 juta. Setelah terdakwa mentransfer sejumlah uang kepada Komang.

Terdakwa mendapat alamat tempelan barang haram itu dari Komang di dekat tiang listrik, Jalan Gunung Soputan, Denpasar Barat. Selanjutnya, terdakwa menuju tempat yang telah ditunjukkan kepada komang dan di lokasi tempelan, terdakwa menemukan satu plastik hitam yang dilakban coklat yang didalamnya berisi sabu-sabu. Kemudian, barang haram itu dibawa pulang oleh terdakwa.

Setelah tiba dikosnya, terdakwa memecah barang haram itu menjadi beberapa klip yang kemudian sebagian dimasukkan kedalam saku celananya. Selanjutnya, terdakwa memesan Go-jek menuju rumah temannya dengan rencana menggunakan barang haram itu bersama-sama.

Saat menunggu Go-jek itulah, terdakwa langsung ditangkap petugas dari Satnarkoba Polresta Denpasar dan langsung melakukan penggeledahan terhadap pakaian terdakwa.

Dari tangan terdakwa, polisi berhasil mengamankan dua klip sabu-sabu dari kantong celanannya dan kepada petugas terdakwa mengaku sabu-sabu itu miliknya. Selanjutnya, terdakwa dan barang bukti dibawa ke Polresta Denpasar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


(zamzam)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats