Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 10 Mei 2018 00:19 WIB

Potensi Desa Wisata di Wonotunggal Terus Menarik Wisatawan

 
 
Batang, HanTer - Pemkab Batang bekerjasama dengan Gerakan Remaja Mandiri Gringgingsari, KPU Batang, Sanggar Merti Desa, dan Tim KKN IAIN Pekalongan secara resmi mebuka destinasi wisata baru yaitu Desa Wisata di Desa Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal, Rabu (9/5/2018) kemarin.
 
Ketua Gerakan Remaja Mandiri (Gram) Khoriudin Boyak, mengatakan, di Desa Gringgingsari memiliki potensi wisata alam dan religi tak kalah dengan daerah lain. Sebut saja destinasi curug Kanoman, Sendang Depok, dan Makam Sunan Kajoran sebagai destinasi wisata religi.
 
"Sebenarnya kalau digali lebih jauh, masih banyak destinasi wisata yang bisa dikembangkan, kita punya goa, kedung, hutan lindung dan lain-lain," tuturnya.
 
Untuk Curug Kanoman sendiri kata dia, merupakan lokasi wisata Air terjun yang selama ini tidak tersentuh dan sedang mulai dibangun secara bertahap dan swadaya dari Gerakan Remaja Mandiri Gringgingsari.
 
Selain pembukaan desa wisata, acara juga diisi dengan penandatangan MOU masyarakat dengan SMA N 1 Bandar terkait apotik hidup.
 
Diterangkan pihak SMA N 1 Bandar yang sudah memperoleh penghargaan Adiwiyata tahun lalu, pihaknya sangat mendukung pembukaan desa wisata yang ada di Desa Gringgingsari.
 
"Kami sangat mengapresiasi kerjasama ini, dan untuk mengembangkannya kami siap memberikan edukasi terkait penghijauan, edukasi dan pemberian bibit tanaman," kata Suraji Kepala Sekolah SMA N 1 Bandar.
 
Ia menambahkan pihaknya sudah melakukan penelitian terkait beberapa bibit tanaman yang memiliki potensial dan bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar.
 
"Aren sangat pontensial jika ditanam di kawasan desa, selain itu beberapa bibit lain seperti salak juga bisa mengangkat perekonomian warga dan destinasi wisata," ucapnya.
 
Sementara itu Kepala Desa Gringgingsari Sigit Pranoto menuturkan, dengan adanya Desa Wisata Gringgingsari melengkapi destinasi wisata yang ada di Kawasan Kecamatan Wonotunggal.
 
"Kami akan mengembangkan potensi desa wisata dengan bekerjasama bersama bersama wanita tani yang ada di desa. Mudah-mudahan ini menjadi modal dari bagi kemajuan desa," paparnya.
 
Pihaknya menerangkan di sekitar desa sudah ada desa wisata yaitu Desa Wisata Sodong dan Silurah, dan dibukanya Desa Wisata Gringgingsari melengkapi potensi destinasi wisata di Kecamatan Wonotunggal.
 
Potensi alam yang ada di desa seperti Curug Kanoman dan wisata religi berupa sendang depok yang konon katanya disinggahi Seh Abdulrahman Kajoran di aliran Sungai Jamban bisa menjadi daya tarik tersendiri.
 
"Dan nantinya akan kami kemas secara baik dengan pembukaan river tubbing dan kegiatan edukasi alam lainya untul mendukung program Batang Heaven of Asia," bebernya.
 
Adapun Uni Wihaji istri dari Bupati Batang yang hadir dalam acara berharap adanya sinergi antara masyarakat dan akedemisi seperti yang dilakukan oleh IAIN Pekalongan, SMA N 1 Bandar dan masyarakat sekitar desa.
 
"Ini etikat baik jika diteruskan dengan adanya sinergi dari akademisi muda dan masyarakat kami yakin desa wisata akan maju," ujarnya.
 
Pihaknya juga menyinggung terkait akses jalan rusak dibeberapa titik menuju desa wisata yang akan diperbaiki oleh Pemkab bersama pemerintah desa.
 
"Potensi yang ada di desa bisa menjadi viral jika dipoles secara baik, namun jangan sampai sama dengan lokasi wisata lain. Karena baik wahana dan potensi desa harus dimodifikasi. Selain itu keramahan warga dan potensi alam yang kuar biasa menjadi modal utama agar wisatawan berkunjung," timpalnya.
 
Untuk diketahui, pada pembukaan desa wisata tersebut, isteri bupati Batang juga didaulat memotong pita untuk peresmian destinasi wisata Curug kanoman. Selain itu ia juga sempat menandai pembukaan destinasi wisata itu dengan menanam pohon Aren dan menabur bibit ikan.
 


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats