Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 08 Maret 2018 18:23 WIB

Atalia Ridwan Kamil dan Peran Perempuan Dalam Pilkada

 
 
Bandung, HanTer - Dalam percaturan politik pemilihan kepala daerah, khususnya pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018, peran perempuan yang menjadi istri kandidat masing-masing calon seringkali luput dari perhatian. Namun berbeda dari istri-istri calon gubernur lainnya, boleh dibilang peran Atalia Praratya atau Atalia Ridwan Kamil, istri cagub Ridwan Kamil ini terlihat paling menonjol dalam membantu kampanye pasangan nomor urut satu, Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (RINDU).
 
Para istri biasanya hanya menjadi pendamping para calon dalam acara-acara kampanye yang seringkali sifatnya seremonial. Namun berbeda dengan istri calon gubernur yang lain, Atalia yang juga kerap disapa `Si Cinta` ini punya jadwal blusukan dan tim kampanye sendiri, yang terpisah dari sang suami. Atalia dengan luwes ikut blusukan dan mendengarkan keluhan masyarakat. Ia pun tidak canggung saat harus berbicara di depan publik. Meski begitu, ia juga merasa senang dapat berbarengan jadwalnya dengan suaminya, Ridwan Kamil seperti saat berkampanye di Cirebon, Rabu (7/8/2018) kemarin. 
 
“Senang banget, sebagai istri yang biasanya blusukan sendirian, karena saya blusukan di titik-titik yang berbeda, hari ini bisa mendampingi Kang Emil kampanye. Kehadiran saya membuat Kang Emil semakin bersemangat,” ujarnya.
 
Peran penting istri menurut Atalia sangat penting dalam masa kampanye ini. Bukan hanya untuk merangkul lebih banyak warga, namun juga menjadi tempat suami menyampaikan keluh kesah dan curahan hati. 
 
“Kehadiran saya itu sebenernya tidak selalu untuk urusan bagaimana agar Kang mil bisa merangkul lebih banyak warga, tapi juga bagaimana saya menempatkan diri sebagai seorang pendengar yang baik bagi Kang Emil," ungkapnya. 
 
Pasalnya, ditambahkan Atalia, setiap orang butuh seseorang sebagai tempat berbagai. "Sebagai suami, Kang Emil tentu membutuhkan saya sebagai tempat berbagi cerita, karena Kang Emil dalam perjalanan itu selalu cerita, apa sih yang harus dilakukan kedepan, program-program tambahan, mimpi-mimpi apa yang ingin ia wujudkan jika terpilih sebagai gubernur nantinya,” lanjut Atalia.
 
Selain sebagai amunisi penambah semangat, kehadirannya juga bisa adalah untuk mewakili Kang Emil saat Kang Emil tidak bisa hadir di suatu tempat karena jadwal kampanye  yang padat. “Satu hal, karena jadwal Kang Emil cukup padat, ternyata saya bisa mewakili beliau untuk datang ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan buat Kang Emil hadir dari segi waktu. 
 
"Seperti di desa gerabah tadi, ada warga yang sudah siap berkumpul, tapi Kang Emil tidak memungkinkan karena waktunya sudah harus ke tempat lain, jadi saya bisa masuk kesana, sedikit mengobati masyarakat agar tidak kecewa,” katanya.
 
Atalia memahami bahwa dalam masa Pilkada ini tantangan yang dihadapi Kang Emil cukup berat dan penuh dengan tekanan. Meski begitu, ia tetap berusaha mendorong agar seluruh tim pendukung kampanye tetap solid dan bersemangat. Menurutnya soliditas tim kampanye  dimulai dari keluarga.  
 
“Pemilu ini sangat berat ya, saya salut kepada kandidat manapun baik itu calon Bupati, Walikota, Gubernur, sampai Presiden, ini momen yang tidak mudah, maka oleh karena itu, peran tim sangatlah penting. Nah soliditas tim itu berawal dari keluarga, tidak hanya istri tapi juga orang tua, kakak-adik dan anggota keluarga lainnya," tegasnya.
 
Terlebih, peran istri menurut Atalia menjadi penting karena harus senantiasa menjadi yang pertama dalam mendukung suami menghadapi masa-masa berat dan penuh tekanan ini. Oleh karena itu, Atalia juga senantiasa mengapreasiasi peran para istri, dalam mendukung kegiatan para suami. 
 
Atalia mengaku, keikutsertaanya dalam kegiatan kampanye ini adalah inisiatif diirinya dan tidak ada paksaan dari Kang Emil untuk ikut terjun membantu sosialisasi. Keikutsertaannya dalam kampanye merupakan bukti rasa cintanya kepada suami yang datang dari hati. Selian itu, blusukan menurut Atalia adalah kegiatan kesukaannya. 
 
“Sejak 2013 ketika Pilwalkot saya sudah terbiasa. Saya melakukan ini (blusukan) dari hati, jadi bukan karena terpaksa tapi saya suka, saya istri walikota jadi saya terbiasa untuk blusukan kemana-mana, saya terbiasa untuk berbicara di depan publik, saya terbiasa untuk turut terlibat dalam memahami persoalan yang ada di masyarakat," ungkapnya. 
 
Selaras dengan peringatan Hari perempuan internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret (hari ini), Atalia mengajak kepada seluruh perempuan di Jawa Barat untuk terlibat aktif dalam pilkada serentak tahun 2018. Tak hanya dengan hadir dalam kegiatan kampanye, juga nanti pada saat pelaksanaan pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 dengan datang ke TPS dan mencoblos.
 
Ditegaskan Atalia, partisipasi perempuan dalam kegiatan Pilkada, sejalan dengan semangat peringatan Hari Perempuan Internasional yang pada awalnya diselenggarakan untuk menuntut hak mendapatkan suara bagi kaum perempuan, dan keterlibatan perempuan dalam kegiatan politik.
 
"Kebetulan, karena Kang Emil maju sebagai cagub, partisipasi saya adalah ikut blusukan dan mendampingi Kang Emil berkampanye, namun ibu-ibu dan kaum perempuan yang lain, dapat berpartisipasi dengan caranya masing-masing, yang penting, terlibat dalam kegiatan pilkada serentank tahun 2018 ini," pungkasnya. 
 
Atalia berharap pemilihan kepala daerah ini dapat berlangsung kondusif, lancar, jauh dari kampanye-kampanye negatif serta masyarakat mendapatkan pendidikan politik yang baik.  
 
“Saya harap pilkada serentak tahun 2018 ini, khususnya pilgub di Jawa Barat dapat berjalan kondusif, jadi kita mampu berkompetisi dalam hal prestasi, hal-hal yang buruk yang sudah kita lihat di pilkada masa lalu mudah-mudahan tidak terjadi di Jawa Barat, saya harap bisa kondusif, aman dan masyarakatnya bisa mendapat pendidikan politik yang baik,” pungkasnya.


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats