Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 07 Maret 2018 21:20 WIB

Hanura Resmi Dukung Willem Wandik - Murib di Pilkada Kabupaten Puncak

Jakarta, HanTer - DPP Partai Hanura menegaskan bahwa pihaknya mendukung pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. DPP Hanura menyatakan rekomendasi partai tidak pernah diberikan kepada pasangan lain kecuali pasangan Wandik-Murib.

"Saya sudah katakan ini dan klarifikasi ke beberapa kali bahwa kami menyatakan dukungan kepada pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib sejak awal pendaftaran dan tidak pernah berubah sampai saat ini," ujar Sekretaris Jenderal DPP Partai Hanura Herry Lontung Siregar saat menerima KPU Kabupaten Puncak di Kantor DPP Hanura, Rabu (7/3/2018) malam.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut kuasa hukum KPU Kabupaten Puncak Pieter Ell, Ketua KPU Kabupaten Puncak Eranus Kiwak, Calon Bupati Willem Wandik dan jajaran Panwaslu.

Herry mengatakan, tidak ada dukungan ganda Partai Hanura di Pilkada Kabupaten Puncak. Karena DPP Hanura sudah melakukan tiga kali klarifikasi hal ini kepada pihak pengawas. "Karena Panwas di sana minta lebih lengkap dan jelas, maka kami nyatakan dukung pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib dan tidak pernah dukungan pasangan lain," tandasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Puncak Eranus Kiwak mengatakan, pihaknya datang kantor DPP Hanura untuk melaksankan putusan Panwaslu Kabupaten Puncak terkait gugatan yang diajukan oleh pasangan Repinus Telenggen dan David Ongomang. Salah satu isi putusan Panwaslu tersebut adalah perintah kepada KPU Kabupaten Puncak untuk mengkaji ulang dan mengklarifikasi kepada Partai Hanura dan PAN terkait dukungan di Pilkada.

"Kami datang ke Kantor Hanura didampingi KPU Provinsi Papua, sebelum ke Hanura, kami sudah ke KPU RI. Kami lakukan klarifikasi dan minta penjelasan ke Partai Hanura (terkait dukungan di Pilkada Puncak) supaya beda pemahaman dihilangkan. Banyak tahapan yang tunda karena putusan Panwaslu ini," ujarnya.

Menurut Eranus, apa yang disampaikan Sekjen Partai Hanura terkait dukungan ke pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib akan ditetapkan dalam rapat pleno di Kabupaten Puncak. Sebelum itu, pihaknya juga akan melakukan klarifikasi ke DPP PAN terkait dukungan tersebut.

"Dari Partai Hanura tadi sudah jelas dukungan. Besok kami akan lanjut ke DPP PAN untuk klarifikasi dukungan mereka (apakah ke Wandik-Murib atau ke Repinus Telenggen dan David Ongomang)," ungkapnya.

Calon Bupati Willem Wandik mengapresiasi langkah KPU Kabupaten Puncak dan menyampaikan terima kasih kepada DPP Hanura. Menurut Wandik, sebenarnya dari awal, sepuluh partai sudah menyatakan dukungan kepada dirinya. 

"Ada sembilan partai yang sudah fixed dukung kita dari awal, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, PKB, Demokrat, Nasdem, PKS dan PKPI. PAN juga dulu awalnya ke kita, tetapi karena politik, pasti ada dinamikanya. Namun, secara administrasi PAN ada ke kita," jelas Willem.

Sebagaimana diketahui, awalnya Kabupaten Puncak dinyatakan sebagai salah satu daerah yang akan menyelenggarakan pilkada dengan satu pasangan calon atau paslon tunggal. KPU waktu itu menetapkan pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib sebagai calon kepala daerah Kabupaten Puncak.

Namun, ketetapan KPU ini digugat oleh pasangan Repinus Telenggen dan David Ongomang ke Panwaslu. Keduanya juga mengklaim mendapat dukungan dari Hanura dan PAN. Panwaslu kemudian mengabulkan sebagian gugatan Repinus Telenggen dan David Ongomang dengan putusan membatalkan SK penetapan KPU Kabupaten Puncak dan meminta KPU untuk mengkaji ulang dan mengklarifikasi dukungan Hanura dan PAN.


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats