Di Publish Pada Tanggal : Senin, 12 Februari 2018 04:44 WIB

Taput Wujudkan Lumbung Pangan

Medan, HanTer - Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan dinilai layak memimpin satu periode lagi. Hal itu antara lain agar tekadnya mewujudkan Taput sebagai wilayah lumbung pangan dapat terealisasi.
 
Demikian diungkapkan Direktur Eksekutif Jokowi Watch, Tigor Doris, baru-baru ini.
 
“Masyarakat banyak yang senang kepemimpinan Nikson. Pembangunan berjalan baik, terutama menentukan sasaran pembangunan yang difokuskan pada bidang pertanian dan pariwisata. Tidak terjerat kasus hukum. Jadi masih layak untuk dipilih lagi,” kata Tigor.
 
Tigor juga menanggapi program pembukaan lahan kosong dan diberikan pengelolaannya kepada petani di Taput.
 
“Pembukaan lahan itu jelas mengurangi pengangguran. Dan saya juga berharap agar di Kecamatan Pangaribuan diperhatikan oleh Nikson. Karena banyak juga lahan tidur di sana,” ujar Tigor.
 
Diketahui sejak 2015 Nikson telah menggarap dan memaksimalkan pengolahan lahan tidur dengan alat berat 10 unit hingga tahun 2017. 
 
Nikson juga telah menyusun kerangka kerjanya dari mulai pemberian bibit, lahan, peralatan, kesuburan, hingga kepastian penjualan hasil tani.
 
Pada tahun 2017 lalu, bantuan bibit juga didatangkan bagi petani antara lain seperti bibit padi, jagung, kakao, karet, kemenyan dan alpukat. Di tahun 2017 ini juga pengembangan tanaman cabai merah seluas 30 hektar dan bawang merah seluas 22 hektare juga disalurkan bagi petani.
 
Tigor menambahkan, untuk menetapkan Taput menjadi lumbung pangan tidak serta merta selesai sampai disana. Karena masih banyak yang belum selesai di era jabatan Nikson sebagai Bupati Taputk.  Setidaknya dibutuhkan 10 tahun lagi untuk mencapai Taput sebagai kabupaten yang mandiri bahkan mampu menunjang sektor pangan di Sumatera Utara.
 
 


(***)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats