Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 10 Januari 2018 16:02 WIB

Polda Kalsel Kembalikan Uang Rp10 Miliar ke Bank Mandiri

Kalsel, HanTer - Kapolda Kalimantan Selatan, Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengatakan uang Rp10 Miliar yang sebelumnya sempat dirampok oleh oknum sipil Yongki dan oknum polisi Brigadir Jumadi sudah dikembalikan.
 
"Uang sudah dititipkan (diserahkan) ke Bank Mandiri," ujar Rachmat kepada wartawan di Mapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (10/1/2018).
 
Dari hasil pemeriksaan, tersangka Yongki mengaku iseng merampok uang untuk ATM tersebut.
 
"Saya analisa, ternyata yang punya inisiatif merampok uang itu, ya orang sipil si Yongki itu. Menurut dia (Yongki) iseng-iseng, tapi ini iseng-iseng memang terjadi," tutur Rachmat.
 
Saat ditanyakan apakah oknum polisi Jumadi memang bertugas mengawal pada saat itu? Kapolda menjelaskan justru Jumadi tidak sedang dalam tugas pengawalan, memang tidak ada pengawalan.
 
"Oknum Brigadir Jumadi tidak sedang dalam tugas pengawalan, dia menawarkan diri kalau ada pekerjaan pengawalan. Dia (Jumadi) sudah kenal dengan sopir, yang mengatakan iya ada banyak nih (uang) yang mau dikawal. Tapi Yongki yang berinisiatif merampok, jadi yang lain ini tergiur," beber Rachmat.
 
Selain itu hal yang disayangkan adalah sebelum terjadi perampokan yang sudah direncanakan tiga hari sebelumnya oleh tersangka Yongki, ternyata tidak ada koordinasi pihak bank ke kepolisian sebelum uang dalam jumlah besar tersebut akan dibawa.
 
"Sebaiknya tidak boleh seperti ini, apa takut bayar mahal? Kan sudah ada indeksnya, kalau pengawalan jarak sekian kilometer berapa, bank harus bayar. Kan nanti pembayaran masuk ke penerimaan negara bukan pajak (PNBP) itu," pungkas Rachmat.
 


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats