Di Publish Pada Tanggal : Senin, 06 November 2017 05:29 WIB

Ngeri Banget dari 57, Sebanyak 20 Warga Meninggal Dunia Akibat HIV/AIDS

Jayapura, HanTer - Sebanyak 20 orang dari 57 penderita HIV/AIDS di Kabupaten Waropen, Provinsi Papua meninggal akibat penyakit menular mematikan tersebut.
 
"Mulai dari awal pemeriksaan HIV/AIDS sejak Januari hingga awal Oktober 2017 itu, jumlah pasien positif HIV/AIDS sebanyak 57 orang," kata Koordinator Laboratorium Klinik Voluntary Conseling and Testing (VCT) Puskesmas Waren, Tiasito Windagdu, ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Ahad (5/11/2017). 
 
Dari 57 pasien itu, kata dia, 20 orang di antaranya meninggal dunia. Dua puluh orang yang meninggal itu, sebagian besar pasien belum minum obat ARV karena masih minum obat kotri.
 
"Artinya kami masih mengobati infeksi uportunitis atau penyakit lainnya seperti penyakit Tuberkulosis (TB) dan penyakit lainnya masih diobati," ujarnya.
 
Akhirnya, lanjut dia, hanya sebagian pasien saja yang rutin minum obat ARV. Adapun pasien HIV/AIDS yang minum obat ARV tidak ada yang meninggal. "Dari 20 orang yang meninggal itu kebanyakan masih duduk bangku sekolah yakni SMA/SMK," ujarnya.
 
Dia menambahkan, kebanyakan pasien yang terinfeksi HIV/AIDS itu masih berusia produktif yakni dari usia 15-19 tahun. "Ada pasien yang usianya sudah lebih dari 50 tahun, tapi jumlahnya tidak banyak," ujarnya.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats