Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 06 Oktober 2017 17:19 WIB

Wali Kota Jayapura Mengatakan Wilayah Perbatasan Topang Perekonomian

Papua, HanTer - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, mengatakan dengan adanya pembangunan di wilayah perbatasan yang juga terus dijaga keamanan dan kelestariannya oleh TNI, maka tahun demi tahun wilayah perbatasan akan terus berkembang.
 
"Seperti misalnya di Batam, maju pesat karena berbatasan dengan Singapura," ujar Benhur kepada wartawan di perbatasan Indonesia - Papua New Guinea, Kampung Skouw Yambe, Skouw Mabo, Skouw Sae, dan Mosso, Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Kamis (5/10/2017).
 
Benhur menjelaskan, pihaknya terus melakukan terobosan guna mendukung program presiden Joko Widodo (Jokowi), baik itu dalam menjaga wilayah perbatasan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
 
"Program Jokowi yakni menjaga perbatasan agar selalu aman, daerah menjadi tentram dan sejuk untuk tujuan wisata yang juga untuk meningkatkan ekonomi di daerah ini," tuturnya.
 
Benhur menambahkan, "Sudah sejak tahun lalu, kini (perbatasan) kita lebih megah, Kota Jayapura lebih baik, jalan, lampu, 24 jam air bersih. Inj saja di perbatasan satu bulan Rp 3 miliar perputaran uang. Bekerjasama dengan kementerian pariwisata ini nilai jual ekonomi kita, tapi tolong jaga kebersihan kawasan perbatasan ini jangan yang suka makan pinang, tapi meludah sembarangan, (mereka) harus bawa kantong plastik," pungkas Benhur.
 
Sementara itu Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M Kamal mengatakan pihaknya bersama TNI akan selalu menjaga Provinsi Papua termasuk wilayah perbatasan yang kerap dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun dari mancanegara. 
 
"Menjaga keamanan dan ketertiban sudah pasti, kami kerjasama dengan TNI," ujar mantan Kasubbagopinev Bagpenum Ropenmas Divisi Humas Polri ini.
 
Konsep Bali
 
Sementara itu Kania (22) mahasiswi yang pernah berwisata di SKOW atau wilayah perbatasan tersebut mengaku kagum dengan keindahan alam sekitar yang sudah didukung oleh pembangunan perbatasan.
 
"Sayangnya di tempat ini tidak ada hotel, padahal terlihat masih ada area untuk dibangunnya hotel dengan konsep Bali yang memadukan arsitektur hotel dengan alam," ujarnya. 
 
Dia mencontohkan sebuah hotel di Bali yang menjual keindahan alam sekitar yang hujau merona dengan kolam renang di atas hotel, sehingga memanjakan para wisatawan yang ingin melihat dari ketinggian suasana wilayah perbatasan.
 
"Wilayah negara tetangga nantinya bisa terlihat dari rooftop pool, selain hijaunya alam perbatasan dengan gunung yang pepohonan dan tumbuhan masih alami," kata Kania yang mengaku sudah beberapa kali berwisata ke Bali. 


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats