Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 14 September 2017 11:25 WIB

KPU: Calon Independen Bupati Lebak Minimal 70.233 Dukungan

Lebak, HanTer - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak Ahmad Saparudin mengatakan calon independen atau perseorangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2018 minimal mendapat dukungan dari masyarakat sebanyak 70.233 orang.
 
"Penetapan dukung calon independen itu dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 936.428 x 7,5 persen," kata Ahmad Saparudin di Lebak, Kamis, (14/9/2017).
 
Menurut Ahmad, dukungan perseorangan sebanyak 70.233 orang tersebut juga harus memiliki sebaran 50 persen dari 28 kecamatan.
 
Dari 28 kecamatan itu perseorangan harus mengantongi sebaran dukungan di 15 kecamatan, sebagaimana Surat Keputusan KPU Kabupaten Lebak Nomor 07/Kpts/KPU.Kab/015.436415/IX/2017.
 
Saat ini, calon independen pada pilkada Lebak belum menerima laporan resmi karena mereka para calon kepala daerah masih mendaftar kepada parpol.
 
Parpol yang belum mengusung calon bupati Lebak terdapat tiga parpol antara lain Partai Nasdem, Gerindra dan PKS.
 
Selama ini, ketiga parpol tersebut belum mengusung calon bupati Lebak baik dari kadernya maupun luar partai.
 
Mereka para calon bupati sudah melamar ketiga parpol, namun belum ada keputusan resmi dari parpol bersangkutan untuk maju pada pilkada 2018.
 
Sedangkan, calon pilkada yang didukung salah satu parpol tentu harus memiliki 10 kursi di DPRD atau jika dikonversikan dengan suara sah yakni 155.258 suara.
 
Namun, saat ini pasangan petahana Iti Octavia-Ade Sumardi sangat kuat karena didukung dari Partai Demokrat, Golkar, PDI-P, Hanura, PKB dan PAN.
 
Pelaksanaan pilkada Lebak akan dilakukan tahapan-tahapannya mulai 3 Oktober 2017 karena berdasarkan hasil pleno KPU setempat.
 
"Kami berharap calon independen juga tampil untuk meramaikan pesta demokrasi lima tahunan itu," katanya.


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats