Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 22 Agustus 2017 13:03 WIB

BNPB: 6 Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan

Jakarta, HanTer - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerangkan sebanyak enam provinsi menetapkan siaga darurat sebagai respon atas banyaknya titik panas/ hotspot yang dapat menjadi penanda terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Enam provinsi menetapkan status darurat kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa, (22/8/2017).

Dia mengatakan enam provinsi itu si antaranya Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Pantuan satelit Terra seperti dikutip Antara, Aqua dan SNPP pukul 08.00 WIB pada Selasa, kata dia, terdeteksi 538 hotspot dengan tingkat kepercayaan sedang hingga tinggi.

Dia mengatakan kemungkinan jumlah hotspot di lapangan lebih banyak dari 538 hotspot karena beberapa wilayah tidak terlintasi oleh satelit Terra dan Aqua sehingga beberapa wilayah blank spot seperti Aceh, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan NTT.

Sesuai prediksi sebelumnya, kata dia, titik panas kebakaran hutan dan lahan akan terus meningkat memasuki akhir Agustus hingga September tahun ini.

"Meskipun di beberapa wilayah mengalami hujan di atas normal pada musim kemarau, bahkan terjadi banjir di Sulawesi, Kalimantan dan sebagian Sumatera tapi kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di beberapa tempat," katanya.


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats