Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 10 Agustus 2017 08:15 WIB

Gempa 4.8 SR Guncang Ende

Kupang, HanTer - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Kamis melaporkan, gempa magnitudo berkekuatan 4.8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Ende, Flores,NTT Kamis dinihari, tetapi tidak berpotensi tsunami.
 
Gempa tersebut terjadi pada pukul 05.30.17 WITA, kata Kepala BMKG Kupang/Koordinator BMKG NTT, Hasanuddin di Kupang, Kamis, (9/8/2017).
 
Gempa tersebut dengan episentrum terletak pada 07.63 Lintang Selatan (LS) dan 121.83 Bujur Timur (BT). Gempa tersebut terjadi pada 116 km Timur Laut, Kabupaten Ende.
 
BMKG juga mencatat, gempa dengan skala kecil yakni 3.6 SR juga terjadi di Manggarai Timur pada pukul 01.29.24 WITA dinihari.
 
Gempa tersebut dengan episentrum terletak pada 8.18 Lintang Selatan (LS) dan 120.56 Bujur Timur (BT). Gempa tersebut terjadi pada 49 km Barat Laut, Kabupaten Manggarai Timur, katanya.
 
"Perlu kami informasi bahwa salah satu indikator terjadinya tsunami adalah dipicu oleh gempa dengan kekuatan magnitudo lebih besar dari tujuh skala," kata Hasanuddin.
 
Dia mengakui memang ada kejadian tsunami sebagai akibat dari guncangan gempa dibawa tujuh skala richter, tetapi itu biasanya disebabkan karena longsor di dasar laut yang dipicu gempa tersebut.
 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats