Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 08 Agustus 2017 16:15 WIB

300 Titik Panas Mulai Bakar Hutan di Kalimantan Tengah

Palangka Raya, HanTer - Komandan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kalimantan Tengah Kolonel Arm M Naudi Nurdika menyebutkan, sampai saat ini tercatat 300 lebih titik panas atau hot spot terpatau di sejumlah wilayah di provinsi tersebut.
 
"Dari periode Januari sampai bulan ini yang tercatat di BMKG ada sekitar 300 sekian hot spot yang terpantau," kata pria kelahiran Kuningan, Jawa barat, ini di Palangka Raya, Selasa, (8/8/2017).
 
Pria yang juga sebagai Danrem 102 Panju Panjug ini menambahkan, jumlah personel Satgas karhutla di wilayah Kalimantan Tengah juga dilakukan penambahan.
 
"Jika pada tahun sebelumnya sebanyak 8.000 orang maka pada tahun ini kita tambah menjadi 10.000 personel. Sementara untuk jumlah lahan yang terbakar sampai saat ini data dari BPBD mencatat 106 hektar," kataanya.
 
Guna mempermudah koordinasi dan memaksimalkan upaya, saat ini Satgas Karhutla Kalteng yang terdiri dari sejumlah unsur terkait juga telah membentuk posko Satgas.
 
"Posko Satgas itu bertempat di kantor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalop) PBPD. Saat ini pera petugas juga sudah aktif dan yang bertugas piket juga sudah ada," kata naudi yang pernah bertugas di lima negara luar ini.
 
Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus melakukan antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah provinsi.
 
Pihaknya pun tidak segan menindak tegas oknum yang terbukti dengan sengaja melakukan pembakaran lahan dan hutan.
 
"Saya sering sampaikan bahwa 90-sekian persen kebakaran di Kalteng karena dibakar sehingga kuncinya ialah pencegahan," katanya dikutip Antara.
 
Saat ini, lanjut dia, Satgas Karhutla juga terus melakukan upaya pencegahan seperti melalui program patroli, sosialisasi, penyuluhan dan bahkan Kapolda Kalteng juga telah mengeluarkan maklumat larangan pembakar lahan.
 
"Untuk meneguhkan komitmen masyarakat termasuk perusahaan, maka beberapa waktu lalu kami juga melaksanakan gelar apel kesiapan penanganan karhutla di salah satu perusahaan sawit di Kabupaten Kapuas," katanya.
 


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats