Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 16 Mei 2017 06:36 WIB

Jembatan Rusak, Jalur Riau-Sumbar Lumpuh Total

Pekanbaru, HanTer - Jajaran Kepolisian Resor Kampar bersama dengan Dinas Perhubungan setempat melakukan rekayasa lalu lintas jalur Riau-Sumatera Barat karena rusaknya jembatan Merangin, Kecamatan Bangkinang Barat, Kilometer 75/76, Kampar. 
 
"Khusus untuk truk bertonase berat dengan enam roda ke atas dari arah Sumatera Barat ke Pekanbaru dialihkan ke Kabupaten Rokan Hulu menuju Petapahan, Garuda Sakti Pekanbaru," jelas Kapolres Kampar, Edy Sumardi, Senin (15/6/2017).  
 
Hal sama juga dilakukan untuk kendaraan bertonase besar lainnya dari arah Kota Pekanbaru menuju Sumatera Barat, yang tidak diizinkan melintasi jembatan Merangi, melainkan via Garuda Sakti dan Rokan Hulu. 
 
Kepolisian Kampar menyatakan jembatan nasional lintas barat, tepatnya di KM 75/76, Desa Merangin, Kecamatan Bangkinang Barat, Kampar mengalami kerusakan sejak Minggu sore lalu (14/5).
 
Jembatan jembatan arteri penting penghubung Riau-Sumatera Barat itu mengalami kerusakan pada bagian penyangga, dan dikhawatirkan runtuh.
 
Akibatnya, terjadi kemacetan panjang baik yang mengarah atau dari Sumbar sehingga petugas harus berjibaku mengurai kemacetan tersebut sejak Minggu malam. 
 
Petugas langsung berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk Dinas Pekerjaan Umum, yang menyatakan kendaraan pribadi masih diperkenankan melintas, dengan catatan sistem buka tutup. 
 
"Untuk kendaraan roda dua dan mobil pribadi masih diizinkan melintas, namun dengan sistem buka tutup. Khusus truk langsung dialihkan," jelasnya.
 
Selain itu, di sejumlah titik polisi juga telah siaga untuk memberikan informasi akan kondisi tersebut, dan diimbau untuk melintas jalur alternatif. 
 
Khawatir Ambruk
 
Sedangkan, jembatan di Jalan Lintas Barat Kilometer 74-75 di Desa Merangin, Kecamatan Bangkinang Barat yang merupakan jalur Sumatera Barat-Riau via Kabupaten Kampar mengalami kerusakan dan dikhawatirkan ambruk.
 
"Iya kejadian pada pukul 17.00 WIB Minggu (14/5), tapi kendaraan pribadi masih bisa lewat. Untuk Truk dialihkan via Simpang TB Rokan Hulu," kata Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Tulus Ikhlas. 
 
Kerusakan jembatan tersebut terletak pada pangkalnya jika dari arah Sumbar. Terlihat besi bawah jembatan itu bengkok ke bawah dan turap pada bibir juga roboh. 
 
Akibatnya kepolisian melaksanakan pengalihan arus untuk kendaraan Truk Roda Enam ke atas. Dari arah Sumbar menuju Pekanbaru dialihkan ke SP TB Rohul, Jln Lintas Petapahan, Tapung Kampar, dan keluar menuju Jalan Garuda Sakti Pekanbaru.
 
"Kendaraan Truk Roda enam ke atas dari arah Pekanbaru menuju Sumbar dialihkan dari Simpang Empat Jalan Garuda Sakti-Tapung-Jln Patapahan menuju simpang TB Rohul di Rantau Merangin Kampar," jelasnya. 
 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats