Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 18 April 2017 08:31 WIB

Masyarakat Diminta Waspadai Hujan Petir

Pangkalpinang, HanTer -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait kemungkinan potensi hujan lebat disertai petir di beberapa wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (18/4/2017).
 
"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dapat terjadi pada siang, sore dan dini hari di beberapa wilayah terutama di Pulau Bangka bagian utara dan tengah. Masyarakat harus mewaspadainya," ujar staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Senin (17/4/2017).
 
Dikutip dari Antara, cuaca di seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri diprakirakan hanya berawan dengan potensi hujan ringan dan sedang. Namun kondisi tersebut dapat berubah menjadi hujan lebat yang bahkan disertai petir dan angin kencang.
 
Kecepatan angin di daratan diprakirakan berkisar antara 8-24 kilometer per jam dengan suhu pada kisaran 23 sampai 31 derajat celcius dan kelembaban udara 63-97 persen.
 
Nur Setiawan juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang dapat membahayakan keselamatan jiwa.
 
Tinggi pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan dapat mencapai 2,39 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,42 meter, dan di Toboali Bangka Selatan 2,12 meter. Karena itu warga di kawasan pesisir pantai dan juga nelayan tradisional diimbau agar waspada dan dianjurkan tidak melakukan aktivitas di pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.
 
Ketinggian pasang air laut maksimum di beberapa pesisir pantai lain di provinsi ini relatif normal. Di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,77 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,72 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,71 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,88 meter.
 
Sementara itu ketinggian gelombang signifikan di jalur-jalur penyeberangan di daerah itu diprakirakan juga relatif normal, yakni hanya berkisar antara 0,25 sampai 0,75 meter.
 
Rata-rata kecepatan angin di jalur penyeberangan berkisar antara 8-32 kilometer per jam yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut. 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats