Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 01 September 2016 22:51 WIB

Menakar Peran Polwan Cegah Kejahatan Terhadap Perempuan

 
Medan, HanTer - Polisi wanita (Polwan) diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam mencegah berbagai bentuk kejahatan terhadap perempuan.
 
Dalam sukuran dan peringatan HUT Polwan ke-68 di Aula Tribrata Mapolda Sumut di Medan, Kamis (1/9/2016)  Kapolda Sumut Irjen Pol Budi Winarso mengatakan, polwan harus dapat mengambil peran dalam mencegah dan menangani praktik yang merugikan perempuan seperti kasus pelecehan seksual, trafficking, dan kekerasan dalam rumah tangga.
 
Karena itu, peringatan HUT ke-68 itu harus menjadi momentum bagi kalangan polwan untuk meningkatkan kinerja, sekaligus mengevaluasi kontribusi polwan dalam memajukan institusi Polri.
 
Polwan di jajaran Polda Sumut diminta mampu menjaga perilaku, menghindari gaya hidup mewah dan sikap esklusif yang dapat memancing kecemburuan sosial, serta menghindari penyalahgunaan media sosial yang dapat merusak citra Polri.
 
"Jadilah srikandi-srikandi kebanggaan Polri. Jaga nama baik insitusi Polri dengan sikap dan prilaku yang pantas dan terhormat bagi seorang polwan," kata Kapolda.
 
Sementara itu, Ibu Asuh Polwan Sumut Ning Budi Winarso mengharapkan polwan terus meningkatkan kompetensi agar profesional sehingga mampu bersaing dengan polisi laki-laki.
Sebagai bagian dari institusi penegak hukum, polwan memiliki tantangan yang cukup besar dalam menjalankan tugas sehari-hari.
 
Di satu sisi, polwan harus mampu menjalankan tugas dengan maksimal, baik dalam mendukung penegakan hukum, mau pun sebagai pengayom dan pelindungan masyarakat.
 
Namun di sisi lain, polwan juga harus mampu menjalankan fungsinya sebagai wanita, baik sebagai isteri mau pun atau ibu dalam rumah tangga. Karena itu, pihaknya sangat mengharapkan polwan yang bertugas di jajaran Polda Sumut mampu membagi waktu dalam memenuhi tanggung jawab kepada instansi dan keluarga.
 
Pihaknya juga mengingatkan polwan di Sumut agar mampu memanfaatkan gaji yang diterima dengan sebaik-baiknya. "Biasakan hidup sederhana, tinggalkan sifat hedonis yaitu bergaya hidup mewah," katanya.


(zamzam/ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats