Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 09 Maret 2016 10:23 WIB

Umat Hindu di Bali Hari Ini Lakukan Tapa Brata Penyepian

Denpasar, HanTer - Umat Hindu hari ini mulai melakukan Tapa Brata Penyepian menyambut Tahun Baru Saka 1938 pada Rabu (9/3/2016).

Pulau Bali yang biasanya ramai dengan berbagai kegiatan wisata pun terlihat senyap, disela gerhana matahari total meliputi beberapa bagian wilayah Indonesia.

Umat Hindu melaksanakan tapa brata dengan mengurung diri, pantang melakukan beberapa hal, dan melakukan introspeksi diri selama 24 jam sejak pukul 06.00 pagi ini sampai pukul 06.00 besok.

Selama Tapa Brata Penyepian, mereka melakukan apa yang disebut amati karya (tidak bekerja dan melakukan aktivitas), amati geni (tidak menyalakan api), amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak mengumbar hawa nafsu, tanpa hiburan/bersenang-senang).

Karena Hari Suci Nyepi bertepatan dengan gerhana matahari total, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Kerukunan Antarumat Beragama (FKAUB) telah bersepakat bahwa umat Islam yang ada di Bali  tetap dapat melaksanakan shalat gerhana di masjid dan mushala terdekat menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana.

Ketua Umum MUI Kota Denpasar Saefudin menambahkan, pengurus masjid dan mushala sudah berkoordinasi dengan petugas keamanan desa adat atau pecalang di sekitarnya agar warga bisa melaksanakan shalat gerhana antara pukul 07.30 hingga pukul 09.00 waktu setempat.

Menurut kesepakatan, pengurus masjid dan mushala tidak menggunakan pengeras suara saat shalat dan mereka yang hendak melaksanakan shalat wajib mengenakan busana khas ibadah dan berjalan kaki dari rumah ke masjid terdekat.

Jalan dan gang-gangnya sepi, hanya ada beberapa pecalang yang berjaga di ujung gang dan perempatan jalan.

Pemandangan serupa terjadi di hampir seluruh pelosok pedesaan di Pulau Dewata.

Wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Bali pun hanya diperkenankan melakukan aktivitas di dalam kawasan hotel tempatnya menginap.


(Oni/ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats