Di Publish Pada : Kamis, 26 Oktober 2017 01:55 WIB

Sebanyak 1000 Pemuda Ikuti GPMKS di Ambon

Ambon, HanTer - Sekitar seribu pemuda mengikuti Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci (GPMKS) dalam rangkaian Kirab Pemuda 2017 yang digelar di 34 Provinsi, berlangsung di Gedung Pertemuan Baileo Oikumene, Kota Ambon, Maluku, Rabu (25/10/2017) yang mengusung tema ”Untuk Persatuan Indonesia”. Dalam kegiatan ini, para pemuda membaca kitab suci masing-masing secara bersamaan. 
 
Acara GPMKS ini dihadiri pula oleh Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler, Sekretaris Kota Ambon, AG Latuheru, Kadispora Provinsi Maluku, Semmy Huwae, Kadispora Kota Ambon, Morits Lantu serta para Pemuka Agama.
 
Para pemuda yang berkumpul mengikuti kegiatan yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini berasal dari empat agama. Yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan dan Budha.
 
“Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci ini bertujuan selain meningkatkan keimanan para pemuda dan memupuk kebhinekaan dikalangan pemuda tanpa memandang Suku, RAS dan Agama, selain itu juga meningkatkan minat baca pemuda pada kitab suci masing-masing agama,” ujar Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemepora, Alman Hudri saat memberikan sambutan.
 
Sementara itu Walikota Ambon, Syarief Hadler tentu menyambut baik digelarnya GPMKS ini yang diinisiasi oleh Kemenpora. Sebab, Ambon adalah Kota Percontohan untuk harmonisasi antara pemeluk agama. 
 
“Di Ambon kita saling menghormati antar pemeluk agama seperti contoh ketika hari raya umat Islam Idul Fitri, pemeluk agama diluar islam ikut menjaga keamanan sepanjang acara tersebut. Sebaliknya begitu juga ketika hari raya umat nasrani Natal, pemeluk agama diluar nasrani pun ikut menjaga keamanan,” tuturnya.
 
Sebelum Ambon, GPMKS juga digelar di daerah-daerah yang dilewatu Kirab Pemuda 2017.  Yaitu di Sentani Jayapura, di Kupang (NTT), Praya (NTB), Singaraja (Bali), dan Sorong (Papua Barat untuk Zona II. Sementara untuk Zona I GPMKS sudah digelar di Tanjung Selor (Kaltara), Tenggarong (Kaltim), Banjar Baru (Kalsel), Sampit (Kalteng), Ketapang (Kalbar), Batam (Kepri) dan Deli Serdang (Sumatera Barat).

(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism , Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan main HarianTerbit.com ( Syarat dan Ketentuan )

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus


Google News - harianterbit.com