Di Publish Pada : Jumat, 06 Oktober 2017 06:07 WIB

Sepakbola Jadi Primadona di Gala Desa Mamuju Utara

Matra, HanTer - Antusiasme tinggi diperlihatkan Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara saat membuka Gala Desa yang terpusat di Lapangan Merdeka, Pasangkayu, Sulawesi Barat, Kamis (5/10/2017) kemarin.
 
Dimana dalam gelaran Gala Desa di Mamuju Utara, seremonial pembukaan diiringi sejumlah aksi menarik. Antara lain dengan adanya upacara berupa pengibaran bendera Gala Desa, tarian kolosal, dan defile dari setiap kecamatan yang ada di kawasan tersebut.
 
Sebanyak 30 Desa di wilayah Mamuju Utara turut ikut serta meramaikan salah satu program andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah payung `Ayo Olahraga` yang mempertandingkan enam cabang olahraga (cabor).
 
Cabor tersebut diantaranya, sepakbola, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, tenis meja dan atletik. Namun sepakbola menjadi cabor primadona di wilayah Mamuju Utara (Matra). Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora), Badaruddin. 
 
 
"Total ada 30 desa yang ikut meramaikan Gala Desa di Mamuju Utara. Dan mayoritas terbanyak adalah sepakbola. Disini setiap desa memang suka bola. Maka sepakbola menjadi favorit," kata Badaruddin, kemarin.
 
Ditempat yang sama, Bupati Kabupaten Matra, Agus Ambo Djiwa berterimakasih kepada Kemenpora khususnya Menpora Imam Nahrawi yang memberi kepercayaan penuh terhadap wilayahnya untuk menjadi salah satu tempat perhelatan Gala Desa tahun ini.
 
"Kami sebagai pemerintah daerah menyambut dengan baik kegiatan Gala Desa ini. Sehingga nantinya gala desa ini bisa di jadikan momentum kebangkitan olahraga di tanah air kita dan sekaligus memotivasi generasi kita dalam rangka mengembangkan bakat khususnya di bidang olahraga," ujar Agus.
 
"Mudah-mudahan kegiatan ini akan memberi dorongan sekaligus motivasi buat pemerintah daerah untuk bekerja membina generasinya dalam rangka bisa berdayaguna bisa bersaing bisa mengembangkan bakatnya di dunia olahraga," sambung dia.
 
 
Agenda Tahunan
Ia pun berharap bahwa kedepan Gala Desa mampu menjadi sebuah program yang ada dalam kalender tahunan Kemenpora agar masyarakat desa bisa lebih bersemangat melalui sejumlah kegiatan positif, khususnya di sektor olahraga. 
 
"Mudah-mudahan kegiatan ini kedepannya bisa ditingkatkan lagi sehingga bisa digunakan secara nasional.Tentu dengan dukungan berupa surat keputusan Menteri, ini bisa menjadi program nasional yang harus ditindaklanjuti di setiap daerah," terang Agus.
 
Dalam seremoni pembukaan Gala Desa di Kabupaten Matra, terlihat sejumlah pejabat daerah setempat turut serta untuk meramaikan kegiatan tersebut. Menpora Imam Nahrawi sendiri berhalangan hadir dan diwakili oleh Tuparno selaku Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Dasar Kemenpora.

(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism , Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan main HarianTerbit.com ( Syarat dan Ketentuan )

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus


Google News - harianterbit.com